Riefismi's Blog
Just another WordPress.com weblog

Perselisihan Ummatku Adalah Rahmat?



RAPATKAN BARISAN


Bumi Allah, 20 Desember 2009.

Bismillaahir rohmanir rohiim
Assalamu’alaykum warohmatullaahi wa barokaatu

Saudara-saudariku tercinta yang meskipun “berbeda-beda” namun tetap bersatu dalam jalinan ukhuwah yang begitu indah lillaahi ta’ala…


Melalui kesempatan ini dan semoga Allah subhanahu wa ta’ala meridhoi-nya, Jean dan M.A.D. Team bermaksud hendak menyelenggarakan “Rubrik MAD Berbagi” yang mengetengahkan (tanya jawab) seputar permasalahan ummat secara umum. Apabila kami mampu untuk menjelaskannya, dan atau memiliki berbagai referensi yang berkesesuaian dengan permasalahan yang di maksud, insyaAllah komunikasi dan informasi ini akan di posting di sini serta beberapa Situs Grup yang juga kami kelola.
Apabila saudara-saudariku sekalian berkenan mengikuti Rubrik ini, Jean silakan untuk mengirimkan pertanyaannya melalui alamat e-mail:
1. princessmujahidah@yahoo.co.id atau,
2. bisa juga melalui Wall/Dinding facebook ini.


Rubrik ini terbuka bagi Umum (for everyone), dan apabila salah satu di antara pertanyaan yang terpilih untuk selanjutnya kami jawab, maka saudara-saudariku sekalian yang mengikutinya juga boleh memberikan pendapat ataupun koreksinya. Semoga bentuk pembelajaran seperti ini dapat menjadikan kita semakin dewasa dalam memahami dan mengamalkan dienul Islam yang mulia ini, Allahumma aamiin
.
Untuk itu mari segera kita mulai Rubrik ini dengan menampilkan komunikasi dan informasi yang PERTAMA berikut ini…

RUBRIK M.A.D. BERBAGI (Seri 1)
Materi Pertanyaan : Perselisihan Ummatku Adalah Rahmat?
Pengirim : Akhi Budiman Hakim rahimakallah
Bersama : Mujahidah Jeanny Dive rahimakillah
Posting & Desain by : M.A.D. Team
Tanggal Posting : 20 Desember 2009.

Pertanyaan:

“Dikatakan bahwa ada hadits Nabi yang mengatakan, “Perselisihan ummatku adalah rahmat.” Apakah hadits ini shahih? Apakah benar perselisihan itu adalah rahmat, padahal kita melihat bahwa perselisihan menyebabkan terjadinya debat, permusuhan, dan perpecahan?”

Wahai saudara-saudariku tercinta rahiimakumullaah…

Jalaludin as-Suyuthi di dalam kitabnya al-Jami’ ash-Shaghir mengatakan bahwa hadits itu telah diriwayatkan oleh Nashir al-Muqaddasi di dalam kitab al-Hujjah, Baihaqi di dalam kitab ar-Risalah al-Asy’ariyyah dengan tanpa sanad: demikian juga Halimi, Qadhi Husain, Imam Haramain, dan yang lainnya. Mungkin juga hadits ini terdapat di dalam beberapa kitab huffazh yang tidak sampai kepada kita.

Perselisihan atau perbedaan yang dapat diterima adalah perselisihan yang hanya dalam pendapat dan pemikiran saja. Seorang bijak berkata, “Perbedaan pendapat tidak akan merusak persahabatan.” Telah terjadi perselisihan dan perbedaan di antara kaum Muslim, baik pada masa dahulu maupun masa sekarang. Walau bagaimana pun, perselisihan dan perbedaan tersebut TIDAK BOLEH menyangkut hal-hal yang berkaitan dengan masalah AKIDAH, washul (masalah prinsip), dan apa-apa yang secara jelas dan gamblang telah ditetapkan oleh Al-Qur’an dan Sunnah.Perselisihan dan perbedaan pendapat yang terjadi di kalangan ulama dan fukaha adalah hanya sebatas masalah-masalah FURU’ (cabang-cabang), AJZA’ (bagian-bagian), dan beberapa yang berkaitan dengan bentuk masalah. Perselisihan dan perbedaan yang demikian tidak menyebabkan timbulnya perdebatan, permusuhan, dan perpecahan di kalangan mereka. Bahkan mendorong timbulnya pendalaman yang disertai dengan rahmat.

Keadaan suatu negeri berbeda dengan negeri yang lain. Terdapat berbagai macam bentuk adat, lingkungan, dan kebiasaan yang berbeda-beda di antara suatu tempat dengan tempat yang lain. Mungkin saja sebagian pendapat atau pemikiran, sesuai untuk tempat atau zaman tertentu. Sementara pendapat atau pemikiran lain sesuai untuk tempat atau zaman yang lainnya lagi.


Selain dari hal tersebut, DIENUL ISLAM MELARANG dan mengingatkan kita untuk menjauhi PERSELISIHAN dan PERPECAHAN. Al-Qur’an al-Kariim dengan tegas mengatakan, “Dan taatlah kepada Allah dan Rasul-Nya dan janganlah kamu berbantah-bantahan, yang menyebabkan kamu menjadi gentar dan hilang kekuatanmu dan bersabarlah. Sesungguhnya Allah beserta orang-orang yang sabar.” (QS. Al-Anfaal : 45) Dan hadits Nabi saw mengatakan, “Janganlah engkau berselisih, karena akan menyebabkan berselisihnya hati-hatimu .”
Sunnah Nabi yang suci melarang segala bentuk perselisihan. Di dalam sebuah hadits dikatakan, “Luruskanlah barisanmu, dan janganlah kalian berselisih.” Artinya, jika sebagian kamu mendahului sebagian yang lain di dalam barisan, maka yang demikian akan memberikan pengaruh kepada hati-hatimu dan akan menimbulkan perselisihan di antaramu. Di hadits yang lain dikatakan, “Luruskanlah barisanmu, atau Allah akan memalingkan wajah-wajahmu satu sama lain .”

Allah subhanahu wa ta’ala berfirman:

Dan berpeganglah kamu semuanya kepada tali (dienul) Allah, dan janganlah kamu bercerai berai, dan ingatlah akan nikmat Allah kepadamu ketika kamu dahulu (masa Jahiliyah) bermusuh-musuhan, maka Allah mempersatukan hatimu, lalu menjadilah kamu karena nikmat Allah, orang-orang yang bersaudara; dan kamu telah berada di tepi jurang neraka, lalu Allah menyelamatkan kamu dari padanya. Demikianlah Allah menerangkan ayat-ayat-Nya kepadamu, agar kamu mendapat petunjuk.” (QS. Ali Imran : 103).

Wallahu, semoga penjelasan singkat ini dapat benar-benar kita pahami, bahwa UKHUWAH ISLAMIYAH dan persatuannya merupakan PRIORITAS yang tidak dapat di bantah lagi, ketimbang kita heboh sendiri dan berusaha untuk “mengalahkan” lawan debat untuk masalah-masalah furu’iyyah.

Sungguh bahwasanya permasalahan ummat ini sedemikian “complex -nya”. Maka jika kita menyadari hal tersebut, izinkan Jean menyarankan kepada kita semua melalui dua suku kata saja. RAPATKAN BARISAN…!

dari sahabat fb ku :


Barakallahu fiikum,
Wassalamu’alaykum wr.wb.
~Jeanny Dive ~

No Responses to “Perselisihan Ummatku Adalah Rahmat?”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: